10 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Dan Mudah Dipahami

- January 18, 2020
Sebenernya aku pengen belajar bahasa inggris, tapi gaada waktu buat kursus dan lain-lain nih. 

Seringkah kalian mendengar kalimat seperti itu? Atau justru pernah terbesit di pikiran sendiri juga? Solusinya seperti kata sebuah pepatah, yaitu banyak jalan menuju Roma.

Metode belajar di zaman sekarang sudah sangat berevolusi seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial.  Tidak melulu belajar secara konvensional seperti membaca buku dan mengikuti kelas. Tentu saja hal ini juga berlaku dalam mempelajari bahasa baru, misalnya bahasa inggris

Ada beberapa alternatif untuk belajar bahasa inggris dengan cara yang mudah. Berikut adalah beberapa tips dan triknya:

1. Belajar Bahasa Inggris lewat lagu-lagu favorit

Pasti sebagian besar orang punya lagu-lagu favorit dan bahkan mengumpulkannya ke dalam playlist. Nah, merasa beruntunglah jika mayoritas lagu di playlistmu berbahasa inggris. Ketika seseorang menyukai sesuatu, maka akan sangat mudah bagi mereka untuk mencari tahu dan mempelajari hal itu. Baik itu secara sadar maupun tidak sadar. 

Berawal dari gumaman melodi, menyanyi potongan lirik yang tertangkap telinga, kemudian mencari tahu lirik dan arti lagu tersebut atau bahkan memilih lagu tersebut untuk karaoke, hingga akhirnya hafal seluruh lagu di luar kepala. Semua hal tersebut sebenarnya adalah proses belajar yang tidak terasa karena kita menyukai suatu hal. 

2. Rutin membaca berita atau cerita pendek

Percaya atau tidak, belajar secara berkelanjutan dan bertahap akan lebih mendatangkan hasil dan lebih membekas di ingatan. Kebalikan dari belajar dengan Sistem Kebut Semalam atau SKS yang kemungkinan besar menguap dalam sekejap. Membaca berita atau cerita pendek berbahasa inggris secara rutin bisa mendatangkan banyak manfaat. Beberapa diantaranya adalah perbendaharaan kata bertambah, meningkatkan sense untuk mengetahui pola kalimat yang baik, dan membuat diri sendiri up-to-date tentunya.

3. Bikin diary aja!

Ada yang suka menuangkan perasaan lewat tulisan? Hobimu bisa loh digunakan sebagai metode belajar. Bisa menggunakan buku harian atau secara digital menggunakan blog pribadi, misalnya. Di awal permulaan nggak perlu sampai beberapa paragraf, cukup dua sampai lima kalimat. Lama kelamaan, kamu akan lebih luwes dalam menulis seiring dengan bertambahnya vocabulary dan kemampuan untuk membuat kalimat yang lebih kompleks. Kemampuan ini akan sangat berguna jika suatu saat kamu mendapat tugas untuk menulis dalam bahasa inggris. 

4. Notes khusus untuk kata-kata baru

Ketika menjumpai kata-kata asing yang belum kamu ketahui artinya, akan lebih baik jika kamu mencatat kata tersebut setelah mencari tahu artinya. Kata-kata yang terkumpul di catatan khusus itu bisa kamu pelajari ulang nantinya. Selain itu, kamu bisa mencari sinonim dan antonim dari kata-kata sifat yang terkumpul.  Hal ini bisa memperluas perbendaharaan kata bahasa inggrismu. secara latihan membuat kalimat dari kata-kata yang terkumpul. Hal ini bisa meningkatkan pemahamanmu mengenai penggunaan kata-kata tersebut dalam konteks yang berbeda.  

5. Pakai flash card untuk memperkaya kosakata

Siapa yang belum pernah melihat flash card? Flash card biasanya berupa kartu dengan suatu kata dan gambar yang mencerminkan gambar tersebut. Kamu bisa memanfaatkan kata-kata yang terkumpul di notes khusus untuk membuat DIY flash card. Setelah itu, kamu bisa menggunakan flash card misalnya untuk berlatih membuat kalimat secara spontan dari kata-kata yang tertera pada kartu. Hal ini bisa meningkatkan pemahamanmu mengenai penggunaan kata-kata tersebut dalam konteks yang berbeda dan mengasah kreatifitasmu dalam menyusun pola kalimat.  

6. Manfaatkan subtitle saat menonton video/film kesukaan

Dengan perkembangan konten video pada zaman sekarang ini, hampir bisa dipastikan orang dengan gadget setidaknya akan menonton satu video setiap harinya. Tentu tidak semua konten disediakan dalam bahasa ibu masing-masing. Beruntungnya, sudah banyak content creator yang menyadari betapa pentingnya subtitle.

Fitur CC atau bahkan subtitle yang sudah menempel langsung pada video bisa dimanfaatkan sebagai media belajar. Membaca subtitle bisa melatih otak kita untuk membaca bahasa inggris secara cepat sekaligus memprosesnya dengan cepat juga. Pada awal-awal menggunakan subtitle bahasa inggris kemungkinan akan terasa agak sulit mencerna pembicaraan dengan cepat dan benar. Kamu bisa memanfaatkan pause ketika hal itu terjadi. Ketika sudah terbiasa dan menjadi mahir, subtitle dapat diaktifkan hanya pada bagian-bagian yang sulit ditangkap.

7. Nonton video atau series non-english? Biasakan pakai English subtitles!

Bagi yang suka menonton video, film, atau series dalam bahasa asing selain bahasa inggris juga bisa tetap belajar bahasa inggris lho. Hal ini adalah angin segar bagi penggemar drama dari korea, jepang, dan negara-negara lainnya.  Mengapa? Karena apabila disediakan subtitle maka subtitle paling lazim yang akan ditambahkan adalah bahasa inggris sebagai bahasa yang dianggap paling umum. Meskipun ada kemungkinan adanya terjemahan bahasa Indonesia, tidak ada salahnya buat berlatih pakai bahasa inggris kan.

8. Belajar listening lewat podcast

Ada sebagian orang yang merasa lebih rileks ketika mendengarkan audio, nah ada podcast yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa inggris. Podcast adalah rekaman audio yang dapat didengarkan oleh banyak orang, dimana biasa dishare pada sosial media atau situs streaming tertentu. Salah satu keuntungan belajar menggunakan podcast adalah tidak adanya distraksi visual, sehingga benar-benar bisa fokus mendengarkan audio itu tersendiri. 

Keuntungan lain dari belajar menggunakan podcast adalah dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan lain atau multitasking. Sambil berolahraga atau sambil bersih-bersih kamar, podcast dapat diambil manfaatnya bersama dengan kegiatan produktif lainnya.

9. Ada kabar gembira untuk orang-orang yang suka nge-game

Selain sebagai hiburan, game juga dapat digunakan sebagai media belajar bahasa inggris yang cukup santai. Tentunya game dalam bahasa inggris ya. Apalagi game berbasis arcade atau story-based. Mulai dari narasi cerita yang biasanya ditampilkan sebelum memulai game saja sudah banyak hal yang bisa dipelajari. Di dalam game pun akan banyak instruksi dan pilihan dalam bahasa inggris. 

Seiring perkembangan zaman, muncul banyak game online berbasis komunitas yang mengizinkan kita untuk mengobrol dengan anggota tim. Seringkali anggota-anggota yang terlibat dalam tim berasal dari negara-negara berbeda. Tentu bahasa yang digunakan dalam percakapan adalah bahasa yang dianggap universal yaitu bahasa inggris. Melalui percakapan ini, kamu bisa belajar ngobrol secara informal via teks.

10. Janjian dengan teman akrabmu untuk ngobrol berbahasa inggris

Mungkin tips satu ini terdengar sedikit aneh, tapi bisa menjadi hiburan di tengah rutinitas yang terkadang itu-itu aja. Intinya, kamu menentukan semacam English Day untuk mengobrol full dengan berbahasa inggris satu sampai dua kali seminggu. Cukup dengan teman-teman satu circle atau salah satu teman akrab yang sekiranya punya frekuensi ngobrol yang tinggi denganmu. Meskipun hanya sekali dua kali dalam seminggu, tapi jika kamu berkomitmen maka akan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris.

Trick Belajar Bahasa Inggris Online :







2 comments


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search