Belajar GRAMMAR Bahasa Inggris Dari Nol

- January 29, 2020

GRAMMAR

Grammar adalah suatu himpunan dari sebuah aturan-aturan yang tersusun secara terstruktur yang mengatur susunan dari kalimat, frase, dan kata dalam bahasa apa saja seperti dalam bahasa Inggris ini.

Dalam menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat yang bener dalam bahasa inggris, perlu diperhatikan tata letak tiap-tiap kata sesuai grammar (tata bahasa inggris) sehingga tersusun kalimat yang dapat dimengerti dan dipahami.

Pada umumnya dalam bahasa inggris ada 8 bagian tata bahasa atau "The Eight Part Of Speech", yaitu :

1. Kata Benda (noun)

Noun (kata benda) adalah suatu kata yang berfungsi untuk menunjukkan nama orang, nama tempat, nama hewan, konsep abstrak, atau nama suatu benda atau segala sesuatu yang dibendakan. 

Contoh :

- book : buku
- house : rumah
- table : meja
- people : orang

2. Kata Kerja (Verb) 

Verb (kata kerja) adalah suatu kata yang bertujuan untuk menunjukkan tindakan, peristiwa, kejadian, keadaan, aksi ataupun sikap.

Contoh :

- sleep : tidur
- read : membaca
- write : menulis
- cook : memasak

3. Kata Sifat (Adjective)

Adjective (kata sifat) adalah suatu kata yang berfungsi untuk menerangkan mendeskripsikan atau menggambarkan kata benda.

Contoh :

- good : baik
- happy : senang
- sweet : manis
- clever : pandai

4. Kata Keterangan (Adverb)

Adverb (kata keterangan) adalah suatu kata yang berfungsi untuk menerangkan kata kerja (verb), kata sifat (adjective), atau kata keterangan lainnya.

Contoh :

- happily : senang
- slowly : pelan
- cleverly : pandai
- braverly : berani

5. Kata ganti (prunoun)

Pronoun (kata ganti) adalah suatu kata yang berfungsi untuk menggantikan kata benda dalam kalimat, pronoun digunakan untuk menghindari pengulangan kata benda yang sama di dalam percakapan atau penulisan.

Contoh :

- you : kamu
- they : mereka
- i : saya
- we : kami

6. Kata Depan (preposition)

Preposition (kata depan) adalah suatu kata yang ditempatkan sebelum kata benda atau kata ganti, bertujuan untuk menunjukkan hubungan dengan bagian-bagian kalimat yang lain.

Contoh :

- for : untuk
- about : tentang
- near : dekat
- in : didalam

7. Kata Sambung (Cojunction)

Cojunction (kata sambung) adalah suatu kata yang bertujuan atau berfungsi untuk menghubungkan antara kata dengan kata lain dalam sebuah kalimat atau menghubungkan kalimat dengan kalimat lain dalam sebuah paragraf. Conjunction adalah suatu unsur kalimat dalam bahasa Inggris yang bertujuan untuk  menghubungkan kata, frasa, klausa, atau kalimat.

Contoh :

- because : sebab
- after : sesudah
- before : sebelum
- if : jika

8. Kata Seru (Interjection)

Interjection (Kata Seru) adalah suatu kata yang digunakan pada Bahasa Inggris untuk menyatakan perasaan kepada lawan bicara. Kata ini biasanya jarang ditemukan pada kalimat tulisan akademis atau pendidikan.

Contoh :

- bravo! : bagus
- hurra! : hore
- Stop! : berhenti
- Hello! : halo


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search