Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

- January 21, 2020
Wah, aku pengin mendaftar beasiswa studi luar negeri itu tapi harus punya TOEFL minimal 550. Sekarang TOEFLku masih 500 dan pendaftaran ditutup 1,5 bulan lagi. Gimana ya?

Apakah kamu sedang punya dilema yang mirip? Jika iya, mungkin artikel ini bisa sedikit banyak membantu. Banyak orang bilang bahwa tidak ada hal yang instan. Hal itu memang benar, tapi ada beberapa kondisi yang mengharuskan kita membuahkan hasil dalam waktu singkat. Cara yang tepat untuk menyiasati hal itu adalah tidak hanya berusaha keras namun juga berusaha dengan cerdas.

Sama halnya untuk bisa belajar bahasa inggris dengan cepat. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Menentukan target is a YES!

Ketika kamu ingin mencapai sesuatu dalam waktu tertentu alangkah baiknya jika kamu menentukan target. Begitu juga dalam belajar bahasa inggris. Semakin jelas targetmu, semakin mudah kamu menyusun rencana belajar sesuai dengan rentang waktu yang kamu miliki. 

2. Ketahui kemampuanmu saat ini

Evaluasi dirimu sendiri terlebih dahulu. Ada kemungkinan kamu memiliki beberapa aspek yang kamu rasa perlu atau ingin diimprove. Misalnya kamu merasa kurang di bagian speaking karena terlalu banyak jeda saat berbicara. Kamu bisa mengevaluasi kenapa hal itu bisa terjadi. Bisa jadi karena vocabulary yang kurang atau dikarenakan hal-hal lain. Dengan mengetahui hal tersebut maka proses belajar bahasa inggris bisa lebih terarah. Ketika proses belajar bisa terarah, maka waktu yang diperlukan menjadi semakin singkat.

3. Belajar berdasarkan aspek

Ada beberapa aspek penting untuk mengukur kemampuan bahasa inggris, yaitu listening, reading, writing, dan speaking.

Listening – hal yang harus dikuasai adalah intonasi, pelafalan atau pronounciation, membedakan bunyi, tekanan kata, unsur bahasa, dan  makna bahasa. Kamu juga perlu belajar pola struktur kalimat yang umum, kata kunci, dan unsur-unsur kalimat seperti subjek, predikat, objek, serta keterangan.

Reading – dalam mempelajari aspek reading, kamu harus mampu menguasai beragam kosa kata, berlatih mengidentifikasi ide pokok, juga mengenal struktur grammar pada kalimat. Selain itu, perlu juga menegetahui strategi membaca yang baik dan cara menghubungkan pengetahuan yang ada di dalam dan luar bacaan.

Writing – Kamu harus mampu mengeja dan menulis kata dengan benar, belajar menggunakan tanda baca, juga memilih kata yang tepat sesuai dengan konteks kalimat. Di samping itu, kamu juga harus mampu menulis ide pokok beserta kalimat-kalimat pelengkap agar membentuk paragraph yang koheren. 

Speaking – Bisa melafalkan bunyi kata yang tepat dan dapat dimengerti lawan bicara, memberikan tekanan pada kata, mampu menyampaikan kata dengan runtut pada kalimat, serta menggunakan bahasa yang pas sesuai kondisi komunikasi yang diperlukan.

Keempat aspek tersebut bisa kamu pelajari sebagian secara fokus maupun secara keseluruhan sesuai kebutuhan.

4. Baca, baca, baca

Hal paling konvensional untuk membuatmu lebih jago bahasa inggris adalah dengan rajin membaca. Apa saja yang bisa kamu baca? Mulai aja dari berbagai artikel dengan topik yang kamu sukai. Ingat, proses belajar akan terasa jauh lebih mudah apabila diawali dari hal yang kamu suka. 

Misalnya kamu hobi membaca komik. Cukup cari aja komik berbahasa inggris baik itu online maupun offline. Ketika menemukan kosa kata baru kamu bisa memanfatkan kamus kemudian menambahkan kata tersebut ke catatan khususmu. Alhasil, kosakatamu akan semakin bertambah. Pilihan lainnya adalah membaca berita, majalah, dan novel.

5. Hindari hafalan

Kamu punya keinginan untuk belajar bahasa inggris dengan menghafal sekian kosa kata, misalnya 15 kosa kata setiap hari. Harapannya, kamu bisa memiliki 450 kosa kata baru di akhir bulan. Nah, apakah metode belajar ini tepat? Sayangnya, cara pembelajaran seperti ini seringkali kurang efektif. Mengapa? Karena tidak semua kosakata yang kamu hafalkan digunakan dalam percakapan. Kamu juga nggak menggunakan semua kata tersebut dalam frase atau kalimat ketika sedang menggunakan bahasa inggris.

Sebaiknya, pakai kosa kata yang sudah dipelajari lalu buat dengan kalimat sederhana baru kemudian ucapkan dan ulangi kalimatnya hingga kamu bisa mengucapkan tanpa melihat teks. Dengan begitu, kamu bisa sekaligus belajar pronounciation dan struktur kalimat. 

6. Jangan membenci grammar

Grammar adalah hal penting, jadi jangan dihindari ya. Gapapa jika saat ini kamu fokus menggunakan bahasa inggris kapanpun dan dengan siapapun meskipun kamu merasa nggak terlalu jago dengan grammar. Tetap saja, nggak boleh ada alasan untuk bersikap anti pada grammar.

Memang bagi pemula, keberanian menggunakan bahasa inggris sangat vital. Dengan keberanianlah, kamu yang semula nggak begitu paham tentang grammar menjadi lebih paham. Oleh karena itu, berterimakasihlah kepada orang-orang yang sudah mengkoreksi grammarmu. Tidak perlu merasa malu apalagi sewot ya. Tanpa grammar, susunan kata menjadi sedikit seulit dipahami. Jika sulit dipahami, tentunya pesan tidak akan tersampaikan.

7. Menerjemahkan kata per kata is a NO!

Tujuan menerjemahkan per kata adalah untuk belajar vocabulary. Jika tujuanmu ingin berbahasa inggris dengan lancer, maka sangat penting untuk tidak menerjemahkan kalimat bahasa inggris kata demi kata. Misalnya kamu lagi menonton video dan menemukan suatu kalimat seperti ini.

When I was watching your performance, my heart was swollen with pride.

Jika diterjemahkan per kata, bisa menjadi:
Kapan aku menonton milikmu penampilan, hatiku memar dengan kebanggaan.

Padahal makna sebenarnya adalah:
Ketika aku menonton penampilanmu, hatiku dipenuhi dengan rasa bangga.

8. Jangan takut salah

Namanya juga belajar, jadi jangan takut untuk mencoba dan salah. Sama dengan belajar mengendarai sepeda, nggak boleh takut jatuh. Lama kelamaan pasti bisa lancar. Dalam belajar berbahasa inggris juga demikian, walaupun mencoba kemudian salah, hal itu bukan masalah. Apalagi jika kamu melakukan kesalahan dan ada orang yang mau mengoreksimu. Akhirnya kamu bisa tahu, misalnya bagaimana penggunaan kata yang benar dalam suatu konteks. Intinya, jangan merasa malu, takut, apalagi sebal ketika kesalahanmu dikoreksi. Terimalah dengan tangan terbuka dan jadikan sebagai acuan perbaikan. Jarang-jarang kan, punya mentor gratis yang sabar untuk mengoreksi 

9. Kursus bahasa inggris

Ini adalah salah satu cara handal buat jamu yang bener-bener serius untuk belajar bahasa inggris dengan cepat. Di dalam kursus kamu akan ditempatkan pada level sesuai kemampuanmu dan kemampuanmu akan dilatih berdasarkan kurikulum yang ada. Terutama bagi kamu yang membutuhkan belajar bahasa inggris secara cepat demi memenuhi syarat batas skor ujian berstandar contohnya TOEFL. Kursus bisa menjadi salah satu solusi ampuh bagi yang memiliki waktu sempit.
Dengan mengeluarkan biaya, kamu jadi lebih serius dalam belajar. Karena nggak mudah untuk mengeluarkan uang yang sudah kamu kumpulkan, kamu akan lebih menghargai uang tersebut dan bisa semakin termotivasi untuk belajar dengan giat.

Trick Belajar Bahasa Inggris Online :








EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search