Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

- January 23, 2020
Kira-kira bisa nggak ya aku belajar bahasa inggris sendiri? Mulai saat ini, yakinkan bahwa dirimu pasti bisa. Percaya dengan kemauan dan kemampuan diri sendiri bisa membawamu mencapai tujuan-tujuanmu. 

Self learning atau belajar otodidak adalah suatu hal yang lazim di zaman sekarang ini. Zaman dimana keterbukaan dan akses informasi yang luas serta mudah membuat manusia bisa memanfaatkan hal itu untuk belajar secara mandiri. Globalisasi kadang menuntut kita untuk mendapatkan ilmu bukan dalam bahasa ibu kita, atau dalam konteks ini bahasa inggris. Oleh karena itu kemampuan bahasa inggris menjadi salah satu kemampuan yang vital pada era sekarang.

Berikut adalah beberapa cara cepat untuk belajar bahasa inggris secara otodidak :

1. Pegang baik-baik motivasimu

Motivasi. Yap, hal ini tidak lain dan tidak bukan merupakan pondasi kuat bagi mayoritas orang untuk mulai mempelajari hal baru. Motivasi juga yang menjagamu buat keep in track ketika kemalasan atau kejenuhan menyerang. Coba pikirkan baik-baik apa yang membuatmu ingin belajar bahasa inggris secara mandiri. Bisa karena hal sekecil seperti pengen bisa paham obrolan idolamu, hingga hal yang lebih besar seperti melanjutkan studi ke luar negeri. Kecil besar bukan masalah, asalkan hal itu bisa membuatmu semangat ketika membayangkan kamu bisa berhasil menguasai bahasa inggris dan melakukan hal yang kamu impikan.

2. Membaca adalah jendela dunia

Membaca adalah salah satu metode belajar paling konvesional namun masih sangat powerful. Di zaman sekarang sudah tidak sulit untuk mendapat bahan bacaan berbahasa inggris, mulai dari berita terkini, cerita pendek, hingga cerita berseri. Semua bisa kamu dapatkan hanya dengan berselancar di internet. Kamu bisa memulai dari artikel berita sederhana kemudian meningkat sedikit demi sedikit untuk membiasakan diri membaca bacaan yang lebih kompleks. Kunci dari belajar bahasa inggris secara otodidak dengan cepat adalah belajar secara berkelanjutan. Jadi, jangan malas-malas membaca ya!

3. Manfaatkan media sosial

Siapa sih yang tidak punya media sosial? Mungkin ada, tapi tidak banyak. Di tengah gembar-gembor mengenai dampak negatif media sosial, masih ada segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan. Terutama dalam konteks belajar bahasa inggris. Melalui media sosial seperti Twitter atau Facebook, kamu bisa follow akun atau like laman yang rutin mengupdate dalam bahasa inggris. Selain itu, kamu bisa mengamati bagaimana interaksi tidak formal menggunakan bahasa inggris, bahkan sesekali ikut mengobrol juga bukan masalah asalkan kamu tahu saat yang tepat untuk nimbrung. 

4. Belajar melalui film-film favorit

Saatnya untuk mengeluarkan daftar film-film barat kesukaanmu. Untuk pemula, cara termudah adalah memilih film-film yang sudah kamu hafal mati alur ceritanya dan mulai menggunakan subtitle bahasa inggris. Mengapa memilih film dengan alur yang sudah dipahami? Agar kamu bisa setidaknya menebak-nebak arti dialog film ketika ada subtitle yang kurang dipahami. Semakin lama kamu akan terbiasa untuk membaca dan memahami subtitle dengan cepat. Dalam jangka panjang, kamu bisa membiasakan diri untuk menonton film-film baru dalam bahasa inggris. 

Sedangkan bagi yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya, bisa dengan metode menonton lebih dari satu kali. Bagaimana caranya? Tonton film pertama kali menggunakan subtitle bahasa inggris, kemudian tonton kembali film tersebut di lain waktu tanpa menggunakan subtitle. Pada awalnya, mungkin kamu membutuhkan fitur rewind apabila kurang menangkap suatu dialog. Namun lama kelamaan telingamu akan terbiasa. Metode ini cukup efektif dalam mengasah kemampuan listeningmu.

5. Menulis adalah kunci

Duh, membaca dan memahami aja susah, kok malah disuruh nulis? Malah berantakan nanti. Eits, jangan pesimis dulu. Ibarat pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Kamu bisa berlatih dari hal sesimpel mengupdate media sosial dengan caption bahasa inggris hingga menulis di blog pribadi. Berlatih menulis dalam bahasa inggris bisa memberimu banyak manfaat. Misalnya, kemampuan menyusun kalimat akan meningkat seiring dengan bertambah kompleksnya tulisan yang dibuat. Selain itu, menulis juga mendorongmu untuk berpikir kreatif mengenai banyak hal seperti topik tulisan dan hubungan antar kalimat.

6. Tumbuhkan hobi menyanyi

Kemampuan speaking adalah salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa inggris. Sebelum itu, hal yang tidak kalah penting adalah pronounciation atau cara mengucapkan kata-kata dalam bahasa inggris dengan benar. Pronounciation yang jelas dan tepat membuat pembicaraanmu lebih mudah dipahami, hal ini bisa mendongkrak kepercayaan dirimu untuk berinteraksi dengan orang lain atau bahkan berbicara di depan umum.

Nah, salah satu tips belajar pronounciation secara otodidak adalah dengan menggunakan media lagu. Metode ini cukup menyenangkan, apalagi jika kamu suka menyanyi. Coba mulai cari lirik dari lagu berbahasa inggris favoritmu dan mulailah bernyanyi!

7. Buat kamus pribadimu

Bukan sembarang kamus seperti kamus pada umumnya ya. Kamus pribadi bisa kamu rancang isinya sesuai dengan kebutuhan belajarmu. Tidak melulu tersusun dari kata disertai dengan artinya, kamu bisa mengkreasikannya dengan contoh-contoh kalimat atau quote favorit. Kreasi lainnya misal membuat segmen sinonim dan antonim dari kata-kata di kamusmu. Perlu diingat, tidak semua hal harus dimasukkan ke dalam kamus buatanmu. Cukup hal-hal yang menurutmu penting dan bisa mendukung proses belajar nantinya. 

8. Bermain sambil belajar

Sebagian orang melepaskan stres dengan bermain game. Baik itu mobile game hingga PC game yang berbasis komunitas online. Dengan mayoritas game tersedia dalam bahasa inggris, ini memberikan peluang bagi kalian yang ingin belajar bahasa inggris dalam lingkungan yang lebih santai. Bahkan kamu juga bisa memanfaatkan fitur obrolan dalam game yang biasanya selalu ada  pada game berbasis online.

9. Variasikan metode belajarmu

Jenuh belajar? Bisa kamu siasati! Belajar mandiri terkadang rentan untuk mengalami kejenuhan, apalagi jika menggunakan metode belajar yang itu-itu saja. Sesuai yang telah dijelaskan di poin-poin sebelumnya, ada begitu banyak alternatif media dan metode pembelajaran yang bisa diaplikasikan. Kamu bisa menerapkan media dan metode tersebut secara selang-seling sesuai kebutuhan. Jangan memaksakan target yang terlalu tinggi ya. Justru dengan belajar secara bertahap dan menyenangkan bisa membuatmu nyaman untuk terus belajar dalam jangka panjang.

10. Ikut ujian berstandar

Meskipun mengikuti ujian bahasa inggris berstandar digunakan untuk mengukur level kemampuan bahasa inggrismu, tapi cara ini bisa sekaligus digunakan untuk mengevaluasi aspek sebelah mana yang masih membutuhkan improvement. Kamu bisa memulai dari TOEFL Prediction Test, dimana tes tersebut terdiri dari soal dengan taraf kesulitan mirip TOEFL namun dengan harga yang lebih terjangkau. Apabila kamu merasa lemah di suatu aspek, misalnya listening, kemudian hal itu terbukti melalui tes berstandar maka kamu bisa memberi fokus lebih banyak pada aspek tersebut. Dengan begitu, pembelajaranmu bisa berlangsung secara efektif dan efisien.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search