Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

- January 14, 2020


Bahasa inggrisku masih dangkal banget nih, bisa nggak ya belajar dengan cepat? Tentu bisa. Sebagian besar orang berpikir, belajar bahasa baru merupakan proses yang sulit dan melelahkan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuang jauh-jauh pikiran tersebut. 

Pada dasarnya, semua orang yang mahir dalam suatu hal pasti berawal dari titik pemula, sama halnya dengan belajar bahasa inggris. Oleh karena itu, tidak perlu takut karena dengan usaha dan ketekunan semua orang bisa berbahasa Inggris dengan baik dan benar.

Kalau untuk saya yang pemula bagaimana ya cara belajar dengan cepat? Berikut beberapa trik belajar bahasa inggris secara cepat untuk pemula:

1. Tentukan dulu motivasimu


Motivasi bukan hal yang remeh lho. Motivasi adalah salah satu pondasi penting sebelum kamu mulai belajar bahasa Inggris. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa kamu bela-belain waktu luang untuk belajar. Nggak melulu perlu hal-hal besar untuk jadi motivasi. Hal-hal kecil sesimpel pengen nyanyi bahasa Inggris dengan fasih atau sekedar pengen paham apa yang diomongin TED Talk favoritmu juga bisa dijadiin alasan.

Apalagi kalau ada motivasi yang cukup besar dibalik alasan belajar bahasa inggris. Misalnya kamu punya cita-cita melanjutkan studi keluar negeri atau bekerja di luar negeri. Kamu bisa memanfaatkan gambar negara impian atau tulisan target-targetmu dan menempelkannya di dinding kamar. Visualisasi motivasi ini bakal sedikit banyak membantu ketika kamu mulai malas atau jenuh belajar bahasa Inggris.

2. Belajar dari dasar? Siapa takut!


Inget kan waktu pertama kali belajar membaca? Mulai dari belajar alfabet, suku kata, kosakata, hingga merangkai kalimat. Intinya, belajar dari hal yang paling simpel kemudian sedikit demi sedikit sampai hal yang rumit. Nah, hal yang sama juga bisa diterapkan dalam belajar bahasa Inggris. Misalnya mulai dari penggunaan to-be seperti am, is, are atau belajar kosakata-kosakata dasar dalam bentuk singular maupun plural. Kedepannya, belajar dari dasar justru bisa menjadi suatu keuntungan.
Mengapa demikian?

Karena dengan memperkuat pondasi utama tersebut, bisa menghindarkan kamu dari kebingungan saat belajar hal-hal yang lebih rumit. Saat belajar hal-hal yang lebih rumitpun nggak akan membuat bahasa Inggrismu jadi kacau.

“Duh tapi kok itu kaya materi belajar anak SD ya?”

Hayo, mulai sekarang buang alasan-alasan untuk mulai belajar ya, apalagi sebatas alasan karena malu belajar dari level dasar. Untuk pemula, ada beberapa strategi nih dalam proses pembelajaran dasar:

• Belajar menggunakan buku SD. 


Dari buku SD bisa dipelajari berbagai hal dasar seperti alfabet, simple present tense, dan beragam kosakata sehari-hari yang sudah disertai arti.

• Belajar dari buku cerita anak-anak berbahasa inggris. 


Kamu juga bisa belajar banyak hal dari buku cerita anak-anak, mulai dari kosakata, simple past tense, hingga kalimat-kalimat dengan susunan sederhana.

3. Baca semua hal yang bisa kamu jangkau


Nggak cuma dari buku, kamu bisa belajar banyak kosakata dan kalimat bahasa inggris lewat hal-hal yang tanpa sadar kamu temui sehari-hari. Seperti iklan-iklan di TV atau baliho iklan di jalanan yang terkadang menyematkan kosakata bahasa inggris. Kemudian petunjuk pemakaian atau konsumsi produk yang biasanya disertai instruksi dalam bahasa inggris. Intinya, jangan pernah lelah untuk mencari tahu. Waktu sebentar yang biasa kamu lewatkan bisa punya manfaat nantinya. 

4. Kelilingi dirimu dengan bahasa inggris


Hal yang nggak kalah penting adalah membiasakan diri dengan bahasa Inggris. Bisa dimulai dari hal kecil seperti mengubah pengaturan bahasa di handphone dengan bahasa inggris, kemudian memanfaatkan fitur subscribe atau follow di sosial mediamu untuk mengikuti orang-orang yang memiliki konten edukasi bahasa inggris atau bisa juga konten favoritmu dalam bahasa inggris, dan menambahkan lagu-lagu bahasa inggris kesukaanmu ke dalam playlist.

Mendengarkan lagu selain bisa mengasah kemampuan listening, juga bisa memperkaya kosakatamu lho. Misalnya setiap menemukan kata asing yang belum diketahui, kamu bisa langsung mencari tahu artinya dan apa konteks yang dimaksud dalam lagu itu. Selain itu kamu bisa juga ikut menyanyi ketika lagu diputar untuk melatih pronounciation. Meskipun tidak secara menyeluruh, setidaknya kamu bisa menangkap dan mengucapkan beberapa kosakata dalam bahasa Inggris.

5. Catat kata-kata baru


Semakin banyak membaca dan mendengarkan, semakin banyak kata asing yang kamu dapatkan tanpa mengerti artinya. Disinilah peran catatan dibutuhkan. Setelah mencari tahu arti dari kosakata asing yang didapat, alangkah baiknya jika kamu mencatat kata itu ke buku catatan khusus. Untuk apa? Tujuannya, agar lebih menempel di memori. Memori pertama saat mencari tahu artinya, memori kedua saat menulis ulang, dan bahkan kamu bisa juga menambah memori ketiga.

Bagaimana caranya?

Caranya, kamu bisa membuat kalimat baru dari kata tersebut. Boleh dengan konteks yang mirip dengan kalimat asal kata tersebut, atau dengan konteks yang berbeda.

Contoh:
Kata yang digunakan adalah pressure.
Kalimat asal
Deep in the sea, the pressure is very high. (Di laut yang dalam, tekanannya sangat tinggi.)
Kalimat baru (konteks berbeda)
She felt so much pressure doing that project. (Dia merasa sangat tertekan mengerjakan proyek itu.)

6. Temukan partner, atau bahkan mentor!


Bagi sebagian orang, belajar sendiri terkadang bisa membosankan. Bahkan bagi orang yang senang belajar pun akan datang masa dimana semangat belajar turun dan sampai pada titik jenuh. Salah satu cara untuk menyiasati hal tersebut adalah memiliki partner dalam belajar. Ada beberapa keuntungan memiliki partner belajar bahasa inggris, apalagi jika si partner memiliki goal atau tujuan yang mirip denganmu. Selain memberi semangat ketika sedang malas belajar, kalian juga bisa saling berbagi sumber belajar bahasa inggris yang bagus atau sekiranya cocok dengan metode belajar masing-masing.

Selain itu, kamu juga bisa belajar dengan teman yang memiliki kemampuan bahasa inggris di atas rata-rata. Nah, minta tolonglah pada teman tersebut untuk menjadi mentor sebayamu. Kamu bisa mengasah kemampuan bercakap-cakap, misalnya dengan janjian untuk ngobrol menggunakan bahasa inggris setiap dua kali seminggu. Keuntungan memiliki mentor sebaya adalah mengurangi rasa takut dalam melakukan kesalahan. Tentunya kamu juga harus terbuka dalam menerima feedback dari temanmu ya. Hal penting lainnya, jangan lupa berterima kasih pada temanmu dan kalau memungkinkan sesekali mentraktir makan siang juga bisa membuat temanmu senang.

7. Traveling ke luar negeri


Cara yang terakhir ini mungkin terdengar sedikit ekstrim, namun bisa sangat membantu meningkatkan level kepercayaan diri dalam belajar bahasa inggris dasar. Bagi kalian yang memiliki kesempatan untuk jalan-jalan ke luar negeri, itu adalah salah satu kesempatan emas untuk praktek secara langsung dengan orang asing. 

Kamu bisa membaca-baca buku panduan traveling atau bahkan di internet untuk mencari kalimat-kalimat penting yang harus diketahui traveler. Misalnya, menanyakan arah tempat, cara menawar harga, dan menanyakan harga tiket masuk wisata. Selain mengasah kepercayaan diri, kamu juga berlatih untuk mendengarkan jawaban dari orang lain dan bisa jadi menambah kosakata baru. Ini yang namanya mendayung sekali, dua tiga pulau terlampaui, bukan? Oh iya, jangan lupa untuk bertanya dengan sopan dan mengucapkan terima kasih setiap selesai mengobrol ya. Good luck!

Trick Belajar Bahasa Inggris Online :







2 comments


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search