Contoh Percakapan & Kosakata Bahasa Inggris Tentang Film

- February 05, 2020

The Film is So Interesting

A. Dialog

Arif : Hi, Rahma, have you watched 'Heroes 2'?
(Hai, rahma, apa kamu sudah nonton 'Heroes 2'?

Rahma : Yes, sure. Why?
(Ya, Pastinya. Kenapa?)

Arif : I think, it's so interesting.
(Menurutku, filmnya sangat menarik.)

Rahma : Really? I don't think so. I am bored with it.
(Bener, nih? Menurutku nggak, tuh, membuatku bosan.)

Arif : No, way! It's amazing.
(Nggak, lah. itu film bagus banget.)

Rahma : Sorry, that film didn't amaze me at all.
(Maaf, ya, film itu sama sekali nggak membuat takjub.)

Arif : Why?
(Mengapa?)

Rahma : The characters were so annoying.
(Karakternya aneh dan mengganggu.)

Arif : Yeah, I know, I'm annoyed by some characters, but generally, the film was good.
(Ya, aku ngerti. Aku juga terganggu dengan beberapa karakter, tapi secara umum film itu bagus.)

Rahma : The story is so confusing; I can't understand half of the film.
(Ceritanya membingungkan. Aku nggak paham setangah dari film itu.)

Arif : But, that's what makes the film interesting we can't predict the plot.
(Tapi, itulah yang bikin film itu menarik. kita nggak bisa mengira-ngira plot cerita.)

Rahma : Whatever. I just don't like the film. What do yo think of the film?
(Terserah, deh. Aku nggak suka aja. Menurutmu gimana?)

Arif : I think the setting is fascinating.
(Menurutku setinganya menajubkan.)

Rahma : OK. What else?
(Oke. Lainnya?)

Arif : I'm fascinated by the visual effect, too. It was so cool!
(Aku tabjub dengan visual efeknya juga. keren banget.)

Rahma : All right. I know you like the film very much, but it doesn't maen I have to like it, right?
(Baik. Aku tahu, kamu sangat suka film itu, tapi aku nggak harus menyukainya juga, kan?)

Arif : Sure. I'm so hungry. Let's have lunch.
(Pastinya nggak, lah. Aku lapar banget, nih. Makan siang, yuk.

Rahma : That's a good idea.
(Ide bagus, tuh.)

B. Kosakata dan Ekspresi Penting

Heroes = pahlawan
interesting = menarik
bored = bosan
annoyed = terganggu
characters = karakter
generally = secara umum
confusing = membingungkan
half = separo
whatever = terserah deh
setting = seting
fascinating = menakjubkan
what else = yang lain
fascinated = takjub
it's cool = keren

C. Kosakata dan Ekspresi Penting tentang Perfilman

What's your favorite genre?
(Jenis film apa yang kamu suka?)

I like romantic comedy
(Aku suka komedi romantik)

I prefer science fiction to action movies.
(Aku suka fiksi ilmiah daripada action.)

Why do you like this genre?
(Kenapa kamu suka jenis ini?)

The movies is fast-paced and I am never bored.
(Filmnya cepat dan aku nggak bosan.)

I generally like the soundtrack to these movies.
(Pada umumnya aku suka soundtrack dari film-film tersebut.)

I think the special effects used to make these movies are very impressive.
(Menurutku efek khusus yang digunakan untuk membuat film ini sangat menarik.)

Who is your favorite actor?
(Siapa akotor kesukaanmu?)

I like becaouse he is goo-looking.
(Aku suka dia karena dia ganteng.)

What do you think is the genre of this movie?
(Menurutmu apa jenis film ini?)

What do you like/dislike about this movie?
(Apa yang kamu suka?nggak suka dari film ini?)

D. Mengenal Adjektiva dengan Akhiran -ed dan -ing

Beberapa kata sifat biasanya ditandai dengan akhiran -ed dan -ing juga sering sekali tidak tepat dalam penggunannnya. Dalam dialog tersebut diatas kita juga bisa menemukan beberapa contoh adjektiva dengan bentuk akhiran -ed dan -ing seperti di bawah ini.

1. it's so interesting
2. I am bored wiht it.
3. The characters were so annoying.
4. I'm annoyed by some characters.
5. The story is so confusing.
6. The setting is fascinating.
7. I'm fascinated by the visual effect.

Pada umumnya kata sifat berakhir dengan -ing bisa terjemahkan deng me_____, sedangkan yang diakhir dengan -ed biasanya diterjamahkan dengan ter_____ atau yang lain. Sekarang perhatikan bagan berikut ini :

Adjective + Meaning -ed

tired = lelah
bored = bosan
interested = tertarik
fascinated = takjub
annoyed = terganggu

Adjective + meaning -ing

tiring = melelahkan
boring = membosankan
interesting = menarik
fascinating = menakjubkan
annoyig = mengganggu

Perhatikan contoh kalimat berikut ini yang membedakan penggunaan kata sifat berakhir dengan -ed dan -ing :

1. I am very interested (tertarik) in music. I finds music very interesting (menarik).
2. The students are bored (bosan) wiht the lesson. The lesson is so boring (membosankan).
3. Made is tired (lelah) of this academic. It is a completely tiring task (Melelahkan).

Di samping itu, kita juga cermat karena kata-kata dalam bentuk utamanya bisa juga berfungsi sebagai kata kerja.

amaze (kt. kerja)
amazed (kt. sifat)
amazing (kt. sifat)

annoy (kt. kerja)
annoyed (kt. sifat)
annoying (kt. sifat)

bore (kt. kerja)
bored (kt. sifat)
boring (kt. sifat)

Contoh kalimat berikut akan semakin menguatkan pemahaman kita tentang bentuk kata yang bisa berfungsi sebagai verba maupun adjectiva.

a.  The film really bored(Verba) me.
(Film itu membosankan diriku.)

b. The boring(adj-ing) film made me feel sleepy.
(film yang membosankan itu membuatku mengantuk)

c. The audience was bored(adj-ed) with the film
(para penonton bosan dengan film itu.)


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search