Apakah yang dimaksud To Be dalam Bahasa Inggris?

- June 14, 2020
Hi, learners!

Dalam Bahasa Indonesia, kita kerap kali mempelajari atau mendengar istilah SPOK bukan? Nih bagi kaum SD, SMP, SMA pasti ngerti banget betapa seringnya bertemu SPOK dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Maanaa suaranyaa yang masih pusing nugas Bahasa Indonesiaaa? Oke oke cukup, udah ngacungnya. Trus apa hubungannya SPOK sama To Be? Kadang orang nanya, To Be itu kalo diartiin apasih?? Bisa dibilang, dalam Bahasa Indonesia arti To Be itu "adalah" atau sebenernya gak ada artinya. Karena dalam Bahasa Inggris, To Be hanyalah kata penghubung antara subyek dan predikat tetapi masuk dalam golongan kata kerja (verb). Dengan kata lain, To Be itu ada bentuk Verb 1, Verb 2, dan Verb 3. Kalau "adalah" kan bukan kata kerja dalam Bahasa Indonesia. Kemudian antara subyek dan predikat dalam Bahasa Indonesia itu ngga ada penghubungnya seperti To Be ini. Nah disinilah salah satu kesempatan bahwa tidak semua kata dalam bahasa Inggris ada arti bahasa Indonesianya.

To Be dibagi menjadi tiga :

1. Am (dipakai untuk orang pertama, berpasangan dengan subyek I)

2. Is (dipakai untuk orang ketiga tunggal, berpasangan dengan He, She, It)

3. Are (untuk menunjukkan subyek jamak/lebih dari satu dan untuk orang kedua, berpasangan dengan You, We, They)

dimana ketiganya merupakan bentuk ke satu/verb 1. Untuk bentuk verb 2, To Be digunakan untuk bentuk lampau sehingga menjadi :

1. Was (bentuk lampau am dan is yang berarti berpasangan dengan subyek I, He, She, It)

2. Were (bentuk lampau dari are yang berarti berpasangan dengan subyek You, They, We).

Dan untuk bentuk ketiga/Verb 3 semua To Be menjadi Been.

Jadi, ketika To Be/Be diartikan sebagai "adalah" atau "menjadi" berarti disebut dengan common word. Namun, jika dimaksudkan seperti bentuk diatas, maka To Be disebut auxiliary verb/kata penghubung. Nah kata penghubung /To Be ini menghubungkan predikat yang bisa berupa Adverb, Adjective, Adverb, Noun, dan Verb-ing.

1. S + To Be + Adverb (keterangan tempat dan waktu)
2. S + To Be + Adjective (kata sifat)
3. S + To Be + Noun (kata benda)
4. S + To Be + Verb-ing (merupakan rumus dari tense Present Continuous)

Ketika kalimat menggunakan keterangan waktu lampau, maka To Be tinggal diubah menjadi was/were. Terakhir, jika To Be digunakan untuk common word maka rumusnya menjadi :
be + adjective.


Baiklah, sekian dulu postingan kali ini. Saran dan kritik yang membangun sangatlah kami apresiasi:) Jangan sungkan juga komen di kolom komentar yaa. Selamat belajar semuanya!



EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search