APA SEBENARNYA ITU TEKS JENIS DESKRIPTIF

- June 16, 2020

Hi, learners!

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak jenis teks dalam bahasa Inggris  seperti Descriptive Text, Narrative Text, Recount Text, Recount Text, dll. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ketika learners ingin menjabarkan sesuatu secara rinci, berarti learners harus menggunakan Descriptive Text. Kali ini kita akan membahasnya, yuk segera fokus.

Deskriptif teks adalah suatu teks yang menjelaskan atau mendeskripsikan orang orang, binatang atau suatu benda baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain. Tujuan descriptive text yaitu untuk memberikan penjelasan, penggambaran, atau pengungkapan tentang seseorang atau suatu benda.


Struktur Descriptive Text (Generic Structure)

Identification (identifikasi) adalah pendahuluan, berupa gambaran umum tentang suatu topik.
Description (deskripsi) berisi ciri khusus yang dipunyai benda, tempat, atau orang yang dideskripsikan. Misalnya seperti sifat, tampilan fisik, dll yang dituliskan dengan spesifik.

Ciri-ciri Kebahasaan (Language Features of Descriptive Text)
Descriptive text memiliki beberapa ciri kebahasaan yang menjadikannya berbeda dengan jenis text lain, sebagai berikut:
1.      Menggunakan simple present tense untuk menjelaskan ciri-ciri terkait subjek yang dibahas. Contoh: he is my room mate, he has straight hair, dan lain-lain.
2.      Menunjuk kata benda (noun) tertentu yang spesifik, seperti my room mate, his guitar, his socks, my junior high school, dan lain-lain.
3.      Adanya penggunaan kata benda yang terperinci (detailed noun phrase) guna memberikan informasi lebih detail mengenai subjek. Contoh: an active young boy, a comfortable big bed, a cloudy day, a very kind-hearted kid, dan lain sebagainya.
4.      Penggunaan berbagai jenis kata sifat (adjective) yang bersifat mendeskripsikan subjek (describing), menjelaskan jumlah (numbering), dan juga mengklasifikasikan (classifying). Contoh: two strong hands, a strong eagle, two cute green eyes, dan lain sebagainya.
5.      Menggunakan relating verbs untuk memberikan informasi mengenai subjek. Contoh: you have good voice, he is tall, the supermarkert is near from home, dan lain-lainnya.
6.      Menggunakan thinking verbs atau feeling verbs guna mengungkapkan pandangan penulis secara pribadi terkait subjek yang dideskripsikan. Contoh: I feel he is quite nice, I think my classroom is the best place to study, dan lain-lainnya.
7.      Menggunakan bahasa figuratif (analogy) atau perumpamaan untuk menjelaskan sifat yang terdapat pada subjek. Contoh: My big brother is as brave as superman, She is not as black as she is painted, today is as cold as in the refrigerator, dan lain-lain.
8.      Menggunakan action verbs guna menjelaskan perilaku atau kebiasaan subjek yang dibahas. Contoh: he always comes on time, my mother's assisten always prepares the breakfast ever morning, I always do my homework every day, dan lain-lain.

Nah setelah mempelajarinya sampai sini, silakan learners membuat  contoh descriptive text yaa supaya semakin terlatih lagi dan bahasa Inggris kita akan semakin meningkat:) Selamat belajar!



EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search