-->

WRITING SKILL : TENTANG RECOUNT TEXT

- June 19, 2020

Hi, learners!

Siapa disini yang hobi banget nulis diary??? "Alay min, mending nulis paranormal activity!" Hahaha setujuuu:D Eet, tapi bukan berarti yang suka nulis diary beneran alay yaaa jangan tersingggung duluu.. suka nulis diary, ceritain paranormal activity, suka bikin novel yang latar waktunya masa lampau, itu semua kalian secara gak sengaja udah belajar ilmu di dalam Bahasa Inggris yaitu Recount Text. Ga sadar yaa nulis pengalaman aja udah belajar Bahasa Inggris juga? Makanya, untuk memahami ilmunya lebih lanjut, simak postingan kita ini yukk.


"Emang apasih Recount Text itu???"
Recount Text masuk salah satu dari banyak jenis teks dalam bahasa Inggris, learners. Yaitu suatu teks yang menjelaskan cerita, aksi atau aktivitas dengan tujuan untuk menghibur sekaligus memberi informasi terhadap pembaca. Jenis teks ini bisa juga sih diartikan sebuah teks yang menceritakan ulang kejadian atau pengalaman yang ada di masa lampau.

"Apa aja contoh Recount Text??"
Nah,,bagi kalian yang sudah memahami apasih yang dinamakan Recount Text itu, akan lebih baik kedepannya kalau mau nulis-nulis lagi memperhatikan jenis-jenis dari Recount Text ini sendiri yaa, soalnya pemahaman ini bakal enhance your writing skills atau value (bobot) tulisan kita semakin bertambah gitu karena tulisan kita semakin mencocoki kaidah penulisan. Jadi, kedepan tulisan kita nggak ngawur atau sesuai dengan tujuan kita.
1. Personal Recount
Personal recount ini adalah jenis recount text dengan fungsi untuk menceritakan mengenai pengalaman pribadi dari si penulis. Contoh : pengalaman liburan, menikah, dan lainnya. Jadi, diary kalian itu masuk ke jenis ini learners.
2. Imaginative
Imaginative maksudnya berfungsi untuk menyajikan suatu kisah imaginatif yang dijadikan cerita peristiwa atau kejadian yang sudah terjadi atau di masa lampau. Nah, kalau kamu suka nulis novel yang alurnya mundur berarti jenis Imajinative Recount Text yang kamu tulis:D
3. Factual Recount
Factual recount adalah jenis recount text yang fungsinya menyajikan laporan peristiwa yang benar – benar berlangsung/ fakta. Sebagai contoh laporan ilmiah-ilmiah gitu, percobaan ilmu pengetahuan, laporan kehilangan. Tapi dalam jenis ini kalau dilihat-lihat contoh-contohnya tujuan entertain/menghiburnya kurang, lebih kepada informatif.
4. Historical Recount
Historical Recount ini menceritakan tentang sejarah, baik itu tempat yang bersejarah hingga benda bersejarah. Contohnya, kisah candi Prambanan.

"Gimana cara mengenali suatu teks bahwa itu termasuk teks recount?"
Dari ciri-ciri suatu tekslah kita bisa mengetahui jenis teks tersebut. Nah, buat si recount ini ada beberapa cirinya yaitu : 
- Menggunakan kalimat past tense. Contoh: spent my holiday without my siblings and I was very sad. (Kejadiannya sudah terjadi)
- Menggunakan action verbs. Contoh : spent, went, run, jump, eat, took, dsb.
Menggunakan adverb serta adverbial phrase untuk menerangkan waktu, tempat dan cara. Contoh: last year, in Jakarta, lately, dll.
Fokus pada objek tertentu. Sebagai contoh saya (penulis).
- Menggunakan conjunction serta time connectives untuk menjelaskan urutan kejadian/ waktu. Contoh: and, after that, or, on Saturday, on Tuesday, dll.

Nah, kalo masih belum paham coba kita cek dari struktur teks recount dan ciri kebahasaannya yuk.

Generic Structure of Recount Text
1. Orientation (Pembuka)
Menyajikan informasi tentang latar belakang untuk dapat memahami sebuah teks dalam bentuk 5W 1H.
2. Event (Isi)
Yaitu sebuah runut kejadian yang berlangsung atau serangkaian peristiwa yang disusun dengan urutan kronologis. Contohnya bertuliskan : “In the first day,  and in the next day, in the last day, ...” Di bagian itu biasanya pula ada komentar pribadi mengenai kejadian atau peristiwa yang ditulis.
3. Reorientation (Penutup/ kesimpulan)
Tahap terakhir ini adalah pengulangan pengenalan yang ada di tahap pertama. Pengulangan ini merangkum seluruh peristiwa yang diceritakan. Kita juga bisa menulis opini atau komentar atas peristiwa tersebut.
Nah...gimana?? Sudah paham belum nih sama si Recount Text? Semoga postingan ini membantu yaa, sekian dan terimakasihh:D






EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search